Apakabar sobat petualang, dimanapun anda berada, indonesia dan seluruh dunia.. :D
Kali ini saya akan berbagi pengalaman di taman naisonal gunung bromo semeru. duh mungkin sobat sudah bosan membaca tulisan blog saya. namanya juga blog kan sobat, tempat berbagi cerita dan pengalaman hidup. mau di lihat dan dibaca orang ya syukur. gak ya gak apa2. wkwkwk

Yah begitulah sobat petualang dimanapun anda berada. sama halnya seperti saya ini. gak bosan2 nya mengunjungi tempat yang satu ini(gunung bromo). tempat dimana terdapat keindahan alam dari sebuah provinsi jawa timur.

Saya sudah beberapa kali mengunjungi gunung bromo. sudah sampai 4 kalian sobat. akan tetapi saya gak pernah bosan, ntah ada magnet apa saya begitu suka tempat ini. dan kalau pun saya ada waktu lagi, saya akan mengunjunginya lagi di lain waktu.

Sedikit berbagi cerita, kunjungan saya pertama kali ke gunung bromo waktu itu pada tahun 2010, tepatnya pada bulan november. pada saat itu saya dan teman2 saya menggunakan transportasi motor pribadi, dengan berangkat dari kota malang selanjutnya ke utara dan melewati wilayah kabupaten pasuruan dan akhirnya nyampe dah ke tkp.

Untuk akses jalan ke gunung bromo sobat gak usah khawatir, gak akan kesasar deh.ada papan rambu dari kota manapun untuk sampe ke gunung bromo.

Selanjutnya kunjungan kedua, waktu itu tahun 2011, saya tetep menggunakan kendaraan motor. akan tetapi pada kunjungan ini, saya dan teman2 menginap di penanjakan gunung bromo.(daerah tempat melihat sunrise gitu). Untuk kunjungan kali ini saya membuat tenda di penanjakan. ada tersedia area camping ground di penanjakan ini. kalau sobat mau menginap di homestay atau hotel2 kecil. banyak banget kok sobat tinggal pilih, dan harganya pun ekonomis dan bervariatif sesuai selera.

Lanjut lagi untuk kunjungan ketiga saya.tepatnya pada tahun 2012 saya dan teman2 menggunakan transportasi mobil ke gunung bromo. akan tetapi sebelum pos gerbang retribusi masuk ke kawasan gunung bromo kalo sobat memakai mobil/travel sobat harus turun dan memarkir kendaraan sobat. Loh?? iya sobat soalnya untuk kendaraan semacam itu dilarang masuk ke kawasan area gunung bromo, apalagi turun ke bawah langsung di lautan pasirnya. kenapa? soalnya takut gak bisa nanjak kalo pas kita mau pulangnya.dan dengan alasan lain untuk keamanan dan ketertiban di area sekitar gunungnya. pokoknya safety first. untuk itu bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi sangat disarankan dan wajib untuk memakai kendaraan jeep. disitu banyak sekali rental jeep di gunung bromo, dan sobat gak usah bingung deh. untuk satu kendaraan jeep disarankan biasanya 6 orang dan sopirnya. untuk harga semua sama, dan tersedia paket mau mengunjungi kemana saja di gunung bromonya. kita bisa berfoto ria pokoknya sobat. si mas sopir pasti dengan sabar deh menunggu sobat sampai puas.

alternatif lain yaitu sobat bisa sewa kendaraan jeep langsung dari kota malang dan lainnya, tergantung sobat ingin cek point dari mana.ada banyak sewa jeep langsung ke gunung bromo. langsung ke tkp.

Untuk kunjungan yang ke empat kalinya, itu pada tahun 2014 kemarin, saya dan teman2 saya sengaja kesana dengan membawa suasana baru. yaitu menggunakan motor trail, bosannya jadi hilang sobat dan malah tambah semangat ber adventure.heheh .untuk penjelasaanya sobat bisa baca post saya yang lain, gak saya ulas lagi deh.

Untuk melengkapi kunjungan yang keempat saya ini sobat bisa melihat video saya di bawah ini. Terima kasih bagi yang sudah membaca. kalau bagi yang belum pernah ke gunnhg bromo dan ingin info. bisa kontak saya  langsung.

Selanjutnya saya akan posting Berpetualang di Kawah Ijen Banyuwangi .okk sekian dulu.