Indonesia adalah surganya wisata asia..mungkin ungkapan itu yang cocok untuk menggambarkan wisata alam indonesia yang beragam dan banyak memiliki tempat-tempat yang indah yang harus dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara dari sabang sampai merauke.

Kembali lagi petualang akan mengulas sebuah destinasi wisata yang cukup populer dikalangan para penjelajah wisata di negeri ini. kali ini saya akan mengulas berpetualang di Green Canyon Pangandaran, Jawa barat. Tempat ini terletak didaerah kabupaten pangandaran jawa barat, dari kota pangandaran sobat bisa langsung menuju ke tempat ini dengan tujuan arah pantai pangandaran, kemudian setelah sampai gerbang pangandaran, sobat bisa langsung ambil ke kanan menuju kota pangandaran, dan ke selelatan menuju green canyon.

bagi sobat yang sudah pernah ke tempat yang satu ini mungkin sudah tidak heran lagi, tapi bagi sobat yang belum pernah mengunjunginya ada beberapa informasi yang akan saya ulas berikut ini.

1. Rute ke Green canyon
Apabila sobat datang dari arah jakarta atau bandung, sobat langsung saja menuju rute arah kabupaten ciamis, selanjutnya sobat bisa langsung menuju kabupaten pangandaran. akses lain adalah sobat bisa menuju kabupaten Banjar, jawa barat kemudian menuju kabupaten ciamis dan selanjutnya menuju pangandaran. ada banyak sekali papan rambu penunjuk arah menuju ke pantai pangandaran dan ke kwasan wisata green canyon ini. jadi sobat yang belum pernah sama sekali mengetahui seluk beluk jalannya, dijamin gak akan kesasar deh, apalagi sobat menggunakan google map untuk track ke lokasinya secara langsung.

2.Hotel atau penginapan
Bagi sobat yang ingin bermalam di kawasan wisata pangandaran dan sekitarnya ini, sepanjang jalan sebelum pangtai pangandaran dan wisata green canyon terdapat banyak sekali hotel-hotel dan penginapan yang siap menampung sobat bila sobat menginap dikawasan ini.

3. Tarif dan Tiket
Pengalaman dari petualang, untuk tiket masuk ke green canyon dikenakan Rp.150.000 / maksimal 5 orang, hitungan ini disesuaikan dengan jumlah angkut perahu yang  muatannya tidak melebihi dari 5 orang saja. setelah itu sobat mengantri untuk mendapatkan giliran perahu yang akan mengantarkan kita ke green canyon. Untuk sewa perahu sendiri sobat membayar lagi dengan harga Rp.150.000/rombongan. maklum sobat, jarak tempuh kita untuk mencapai lokasi menggunakan perahu bisa sekita 20 menit. Selain itu sobat dikenakan lagi biaya dari pemandu kita. untuk satu rombongan sobat harus mempunyai satu orang pemandu untuk keaamanan sobat.ini wajib. untuk tarif pemandu di greenn canyon 2015 ini sekitar Rp.100.000/jam. mahal banget ya? jadi sobat setelah sampai di green canyon nya sobat dipandu dan waktu pun berjalan sesuai kesepakatan sobat. ini tidak seberapa kok sobat, mungkin nanti sobat lebih terbayar dengan keiindahan dan ke eksotisnya green canyon. sobat pasti ingin berlama-lama dan berfoto lebihh banyak di tempat ini.

Untuk alternatif lain, dengan paket wisata yang lengkap, sobat bisa mengambil paket wisata body rafting. ini paket wisata yang unlimited. sobat bisa dengan puas menyusuri green canyon dari hulu ke hilir, dan otomatis sobat bisa dengan puas merasakan keindahan alam green canyon. tarif paket wisata ini sekita Rp.1.500.000 /maks 5 orang. sobat tidak usah lagi sewa perahu, bayar pemandu, bayar tiket. ini semua sudah lengkap dan komplit tinggal berwisata saja. ditambah lagi sobat mendapatkan satu kali makan gratis kalau sobat mengambil paket wisata ini. puas dehh..

Untuk sobat yang belum mempunyai rencana liburan tempat wisata green canyon pangandaran bisa dijadikan alternatif pilihan sobat. tempat yang sejuk, dan sangat indah banget. Green canyon sendiri merupakan sebuah tempat pegunungan yang di aliri sungai berwarna hijau jernih dan segar yang terdapat banyak batuan di aliran sungainya, dinding-dinding aliran sungai yang tinggi dan bercorak khas batuan alami yang indah..kita bisa sepuasnya berenang di green canyon ini.

Berikut adalah klip vidio saya di green canyon, silahkan sobat lihat ya.
Terima Kasih