Selamat malam sobat petualang, berikut saya akan mengulas sebuah cerita tentang kawah ijen yang terletak di antara kabupaten banyuwangi dan bondowoso. Kawah ijen merupakan sebuah gunung yang aktif sampai sekarang yang mempunyai danau kaldera yang berisi air yang mengandung belerang. di kawah ijen ini banyak keindahandan ketakjuban dari sebuah gunung yang bisa kita nikmati. Berikut adalah ulasan apabila sobat semua ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini.


1.Rute Ke Kawah Ijen
Ada banyak jalan bila kita ingin mengunjungi kawah ijen ini. pilihan yang pertama adalah apabila sobat cek point di surabaya maka rute selanjutnya yang harus sobat tempuh yaitu melewati pasuruan => probolinggo =>situbondo=>bondowoso dan terakhir sampai ke kawah ijen. Namun apabila sobat cek point pertama di malang, maka rute perjalanan selanjutnya adalah melewati lumajang => jember =>bondowoso => dan sampai ke kawah ijen. di kota bondowoso sendiri ada banyak papan rambu penunjuk ke tempat wisata ini. Pilihan lainnya apabila sobat cek point pertama di bali, maka sobat langsung menuju banyuwangi dan kemudian dilanjutkan dengan rute perjalanan ke arah kawah ijen ini.

2.Penginapan
Untuk sobat yang ingin camping di kawah ijen ini, di area pos sebelum pendakian terdapat area ground camping yang luas, jadi sobat tidak perlu khawatir. disekitar area ini juga terdapat banyak warung makan yang bisa dijadikan alternatif sobat untuk mengisi perut, fasilitas toilet, dan tempat parkir kendaraan  roda dua dan empat. akan tetapi bagi sobat yang tidak ingin camping ada banyak penginapan atau home stay di area ini. atau sobat menginap dikota bondowoso atau banyuwangi juga bisa dan melakukan perjalanan ke kawah ijen pada malam hari.

3.Pendakian
Pendakian ke kawah  ijen tidaklah seberat pendakian pada gunung-gunung yang lainnya seperti pada umumnya, rute pendakian yang mempunyai jalan yang lebar dan bagus untuk pendakian ke kawah ijen ini. jalur pendakian ke kawah ijen sendiri tidak terlalu ekstrim menanjak, tapi sobat juga harus berhati-hati. karena ada beberapa jalur pendakian yang kiri kanannya adalah jurang-jurang pegunungan yang dalam. Untuk waktu pendakian ke kawah ijen biasanya memakan waktu sekitar 2- 2.5 jam. Tergantung sobat banyak istirahatnya atau tidak. jalur pendakian di kawah ijen dapat dikategorikan aman. sebab destinasi wisata ini sangat terkenal di indonesia khususnya wisata di daerah jawa timur. Ada banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang mengunjungi kawah ijen ini setiap hari apalagi sewaktu hari libur. oleh sebab itulah pengelolaan wisata di kawah ijen ini sangat baik menurut saya.



4.View
Ada banyak pemandangan di lokasi wisata ini, diantaranya yaitu sobat bisa melihat deretan pegunungan dan gunung raung banyuwangi yang gagah dan indah yang bisa sobat nikmati. sobat juga bisa melihat laut selat bali dari atas kawah ijen ini pada pagi hari dengan sunrise yang cerah. selain itu sobat kalau beruntung sobat bisa melihat fenomena blue fire ( api hijau ) di danau kawah ijen ini. ini adalah fenomena yang palinng banyak dicari oleh wisatawan yang datang kesini. karena fenomena itu hanya muncul ketika langit malam cerah tidak hujan dan sobat telah sampai ke kawah ijen sebelum pukul 04.00 maka sobat pasti beruntung melihat dan mengabadikan fenomena tersebut apalagi sobat datang ke sini bersamaan dengan terang bulan.

Demikian ulasan singkat tentang destinasi wisata petualangan di kawah ijen. bagi sobat yang belum mengunjungi tempat ini di harapkan dapat memberi sedikit gambaraan tentang wisata indonesia yang satu ini. dan mungkin wisata ini dapat dijadikan alternatif pilihan sobat semua yang ingin melakukan petualangan di indonesia. semoga bermanfaat.


0 comments
Indonesia adalah surganya wisata asia..mungkin ungkapan itu yang cocok untuk menggambarkan wisata alam indonesia yang beragam dan banyak memiliki tempat-tempat yang indah yang harus dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara dari sabang sampai merauke.

Kembali lagi petualang akan mengulas sebuah destinasi wisata yang cukup populer dikalangan para penjelajah wisata di negeri ini. kali ini saya akan mengulas berpetualang di Green Canyon Pangandaran, Jawa barat. Tempat ini terletak didaerah kabupaten pangandaran jawa barat, dari kota pangandaran sobat bisa langsung menuju ke tempat ini dengan tujuan arah pantai pangandaran, kemudian setelah sampai gerbang pangandaran, sobat bisa langsung ambil ke kanan menuju kota pangandaran, dan ke selelatan menuju green canyon.

bagi sobat yang sudah pernah ke tempat yang satu ini mungkin sudah tidak heran lagi, tapi bagi sobat yang belum pernah mengunjunginya ada beberapa informasi yang akan saya ulas berikut ini.

1. Rute ke Green canyon
Apabila sobat datang dari arah jakarta atau bandung, sobat langsung saja menuju rute arah kabupaten ciamis, selanjutnya sobat bisa langsung menuju kabupaten pangandaran. akses lain adalah sobat bisa menuju kabupaten Banjar, jawa barat kemudian menuju kabupaten ciamis dan selanjutnya menuju pangandaran. ada banyak sekali papan rambu penunjuk arah menuju ke pantai pangandaran dan ke kwasan wisata green canyon ini. jadi sobat yang belum pernah sama sekali mengetahui seluk beluk jalannya, dijamin gak akan kesasar deh, apalagi sobat menggunakan google map untuk track ke lokasinya secara langsung.

2.Hotel atau penginapan
Bagi sobat yang ingin bermalam di kawasan wisata pangandaran dan sekitarnya ini, sepanjang jalan sebelum pangtai pangandaran dan wisata green canyon terdapat banyak sekali hotel-hotel dan penginapan yang siap menampung sobat bila sobat menginap dikawasan ini.

3. Tarif dan Tiket
Pengalaman dari petualang, untuk tiket masuk ke green canyon dikenakan Rp.150.000 / maksimal 5 orang, hitungan ini disesuaikan dengan jumlah angkut perahu yang  muatannya tidak melebihi dari 5 orang saja. setelah itu sobat mengantri untuk mendapatkan giliran perahu yang akan mengantarkan kita ke green canyon. Untuk sewa perahu sendiri sobat membayar lagi dengan harga Rp.150.000/rombongan. maklum sobat, jarak tempuh kita untuk mencapai lokasi menggunakan perahu bisa sekita 20 menit. Selain itu sobat dikenakan lagi biaya dari pemandu kita. untuk satu rombongan sobat harus mempunyai satu orang pemandu untuk keaamanan sobat.ini wajib. untuk tarif pemandu di greenn canyon 2015 ini sekitar Rp.100.000/jam. mahal banget ya? jadi sobat setelah sampai di green canyon nya sobat dipandu dan waktu pun berjalan sesuai kesepakatan sobat. ini tidak seberapa kok sobat, mungkin nanti sobat lebih terbayar dengan keiindahan dan ke eksotisnya green canyon. sobat pasti ingin berlama-lama dan berfoto lebihh banyak di tempat ini.

Untuk alternatif lain, dengan paket wisata yang lengkap, sobat bisa mengambil paket wisata body rafting. ini paket wisata yang unlimited. sobat bisa dengan puas menyusuri green canyon dari hulu ke hilir, dan otomatis sobat bisa dengan puas merasakan keindahan alam green canyon. tarif paket wisata ini sekita Rp.1.500.000 /maks 5 orang. sobat tidak usah lagi sewa perahu, bayar pemandu, bayar tiket. ini semua sudah lengkap dan komplit tinggal berwisata saja. ditambah lagi sobat mendapatkan satu kali makan gratis kalau sobat mengambil paket wisata ini. puas dehh..

Untuk sobat yang belum mempunyai rencana liburan tempat wisata green canyon pangandaran bisa dijadikan alternatif pilihan sobat. tempat yang sejuk, dan sangat indah banget. Green canyon sendiri merupakan sebuah tempat pegunungan yang di aliri sungai berwarna hijau jernih dan segar yang terdapat banyak batuan di aliran sungainya, dinding-dinding aliran sungai yang tinggi dan bercorak khas batuan alami yang indah..kita bisa sepuasnya berenang di green canyon ini.

Berikut adalah klip vidio saya di green canyon, silahkan sobat lihat ya.
Terima Kasih

0 comments
Apakabar sobat petualang, dimanapun anda berada, indonesia dan seluruh dunia.. :D
Kali ini saya akan berbagi pengalaman di taman naisonal gunung bromo semeru. duh mungkin sobat sudah bosan membaca tulisan blog saya. namanya juga blog kan sobat, tempat berbagi cerita dan pengalaman hidup. mau di lihat dan dibaca orang ya syukur. gak ya gak apa2. wkwkwk

Yah begitulah sobat petualang dimanapun anda berada. sama halnya seperti saya ini. gak bosan2 nya mengunjungi tempat yang satu ini(gunung bromo). tempat dimana terdapat keindahan alam dari sebuah provinsi jawa timur.

Saya sudah beberapa kali mengunjungi gunung bromo. sudah sampai 4 kalian sobat. akan tetapi saya gak pernah bosan, ntah ada magnet apa saya begitu suka tempat ini. dan kalau pun saya ada waktu lagi, saya akan mengunjunginya lagi di lain waktu.

Sedikit berbagi cerita, kunjungan saya pertama kali ke gunung bromo waktu itu pada tahun 2010, tepatnya pada bulan november. pada saat itu saya dan teman2 saya menggunakan transportasi motor pribadi, dengan berangkat dari kota malang selanjutnya ke utara dan melewati wilayah kabupaten pasuruan dan akhirnya nyampe dah ke tkp.

Untuk akses jalan ke gunung bromo sobat gak usah khawatir, gak akan kesasar deh.ada papan rambu dari kota manapun untuk sampe ke gunung bromo.

Selanjutnya kunjungan kedua, waktu itu tahun 2011, saya tetep menggunakan kendaraan motor. akan tetapi pada kunjungan ini, saya dan teman2 menginap di penanjakan gunung bromo.(daerah tempat melihat sunrise gitu). Untuk kunjungan kali ini saya membuat tenda di penanjakan. ada tersedia area camping ground di penanjakan ini. kalau sobat mau menginap di homestay atau hotel2 kecil. banyak banget kok sobat tinggal pilih, dan harganya pun ekonomis dan bervariatif sesuai selera.

Lanjut lagi untuk kunjungan ketiga saya.tepatnya pada tahun 2012 saya dan teman2 menggunakan transportasi mobil ke gunung bromo. akan tetapi sebelum pos gerbang retribusi masuk ke kawasan gunung bromo kalo sobat memakai mobil/travel sobat harus turun dan memarkir kendaraan sobat. Loh?? iya sobat soalnya untuk kendaraan semacam itu dilarang masuk ke kawasan area gunung bromo, apalagi turun ke bawah langsung di lautan pasirnya. kenapa? soalnya takut gak bisa nanjak kalo pas kita mau pulangnya.dan dengan alasan lain untuk keamanan dan ketertiban di area sekitar gunungnya. pokoknya safety first. untuk itu bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi sangat disarankan dan wajib untuk memakai kendaraan jeep. disitu banyak sekali rental jeep di gunung bromo, dan sobat gak usah bingung deh. untuk satu kendaraan jeep disarankan biasanya 6 orang dan sopirnya. untuk harga semua sama, dan tersedia paket mau mengunjungi kemana saja di gunung bromonya. kita bisa berfoto ria pokoknya sobat. si mas sopir pasti dengan sabar deh menunggu sobat sampai puas.

alternatif lain yaitu sobat bisa sewa kendaraan jeep langsung dari kota malang dan lainnya, tergantung sobat ingin cek point dari mana.ada banyak sewa jeep langsung ke gunung bromo. langsung ke tkp.

Untuk kunjungan yang ke empat kalinya, itu pada tahun 2014 kemarin, saya dan teman2 saya sengaja kesana dengan membawa suasana baru. yaitu menggunakan motor trail, bosannya jadi hilang sobat dan malah tambah semangat ber adventure.heheh .untuk penjelasaanya sobat bisa baca post saya yang lain, gak saya ulas lagi deh.

Untuk melengkapi kunjungan yang keempat saya ini sobat bisa melihat video saya di bawah ini. Terima kasih bagi yang sudah membaca. kalau bagi yang belum pernah ke gunnhg bromo dan ingin info. bisa kontak saya  langsung.

Selanjutnya saya akan posting Berpetualang di Kawah Ijen Banyuwangi .okk sekian dulu.



7 comments
Apakabar sobat semua,, kali ini saya akan melanjutkan ulasan sebelumnya bertualang di gunung bromo. Untuk sobat yang hobi akan dunia adventure dan otomotif, maka pilihan yang pas dan cocok untuk sobat menyalurkan hobi tersebut yaitu menggunakan motor trail ke gunung bromo nya.

Mungkin bisa sangat memicu adrenalin sobat, melewati jalan yang berkelok2 dan kalau kita menggunakan trail, dalam mencapai bromo, kita bisa lewat jalan tanah biasa. sangat cocok untuk sobat yg hobi menelusuri jalan2 yang terjal banyak batu nya bahkan bisa berlumpur kalau musim hujan. jalan ini disebut potong kompas dalam mencapai gunung bromo.

untuk sobat yang suka berpetualang, cara ini bisa dicoba. asyik kok dan sangat tantangan banget deh..
sobat bisa search di google, buanyak banget kok sobat rental trail di kota malang. dulu saya rental trail nya di kaldera trail adventure,, disitu menyediakan rental trail dan jeep. langsung dari kota malang menuju bromo.

waktu itu saya tahun 2013,,harga sewa trail dari malang masih 250ribu/24 jam. nah kalau sekarang gak tau nih berapa.

Tapi sayang sekali nih sobat, waktu melewati jalan potong kompas, tidak ada video klipnya dan fotonya. maklum waktu itu berangkat dari kota malang pada malam hari nyampe bromo nya tengah malam. ditambah hujan dan sangat kepayahan saya dan temen2 saya dalam nunggang trailnya sendiri2 dijalan yang berlumpur..(gak ada yg khusus dokumentasiin sihh hehe).

okk sobat dibawah ini sobat bisa lihat klip lainnya di gunung bromo,,petualangan saya dengan trail. Terima kasih






0 comments
Siapa yang tidak mengetahui gunung bromo???
Gunung bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang meliputi empat kabupaten, yaitu Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo.

Akses ke gunung bromo dapat di tempuh dengan perjalanan lebih kurang 3 jam dari kota malang.
berikut klip petualangan pertama saya. tonton ya...

0 comments