Selamat malam sobat petualang, berikut saya akan mengulas sebuah cerita tentang kawah ijen yang terletak di antara kabupaten banyuwangi dan bondowoso. Kawah ijen merupakan sebuah gunung yang aktif sampai sekarang yang mempunyai danau kaldera yang berisi air yang mengandung belerang. di kawah ijen ini banyak keindahandan ketakjuban dari sebuah gunung yang bisa kita nikmati. Berikut adalah ulasan apabila sobat semua ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini.


1.Rute Ke Kawah Ijen
Ada banyak jalan bila kita ingin mengunjungi kawah ijen ini. pilihan yang pertama adalah apabila sobat cek point di surabaya maka rute selanjutnya yang harus sobat tempuh yaitu melewati pasuruan => probolinggo =>situbondo=>bondowoso dan terakhir sampai ke kawah ijen. Namun apabila sobat cek point pertama di malang, maka rute perjalanan selanjutnya adalah melewati lumajang => jember =>bondowoso => dan sampai ke kawah ijen. di kota bondowoso sendiri ada banyak papan rambu penunjuk ke tempat wisata ini. Pilihan lainnya apabila sobat cek point pertama di bali, maka sobat langsung menuju banyuwangi dan kemudian dilanjutkan dengan rute perjalanan ke arah kawah ijen ini.

2.Penginapan
Untuk sobat yang ingin camping di kawah ijen ini, di area pos sebelum pendakian terdapat area ground camping yang luas, jadi sobat tidak perlu khawatir. disekitar area ini juga terdapat banyak warung makan yang bisa dijadikan alternatif sobat untuk mengisi perut, fasilitas toilet, dan tempat parkir kendaraan  roda dua dan empat. akan tetapi bagi sobat yang tidak ingin camping ada banyak penginapan atau home stay di area ini. atau sobat menginap dikota bondowoso atau banyuwangi juga bisa dan melakukan perjalanan ke kawah ijen pada malam hari.

3.Pendakian
Pendakian ke kawah  ijen tidaklah seberat pendakian pada gunung-gunung yang lainnya seperti pada umumnya, rute pendakian yang mempunyai jalan yang lebar dan bagus untuk pendakian ke kawah ijen ini. jalur pendakian ke kawah ijen sendiri tidak terlalu ekstrim menanjak, tapi sobat juga harus berhati-hati. karena ada beberapa jalur pendakian yang kiri kanannya adalah jurang-jurang pegunungan yang dalam. Untuk waktu pendakian ke kawah ijen biasanya memakan waktu sekitar 2- 2.5 jam. Tergantung sobat banyak istirahatnya atau tidak. jalur pendakian di kawah ijen dapat dikategorikan aman. sebab destinasi wisata ini sangat terkenal di indonesia khususnya wisata di daerah jawa timur. Ada banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang mengunjungi kawah ijen ini setiap hari apalagi sewaktu hari libur. oleh sebab itulah pengelolaan wisata di kawah ijen ini sangat baik menurut saya.



4.View
Ada banyak pemandangan di lokasi wisata ini, diantaranya yaitu sobat bisa melihat deretan pegunungan dan gunung raung banyuwangi yang gagah dan indah yang bisa sobat nikmati. sobat juga bisa melihat laut selat bali dari atas kawah ijen ini pada pagi hari dengan sunrise yang cerah. selain itu sobat kalau beruntung sobat bisa melihat fenomena blue fire ( api hijau ) di danau kawah ijen ini. ini adalah fenomena yang palinng banyak dicari oleh wisatawan yang datang kesini. karena fenomena itu hanya muncul ketika langit malam cerah tidak hujan dan sobat telah sampai ke kawah ijen sebelum pukul 04.00 maka sobat pasti beruntung melihat dan mengabadikan fenomena tersebut apalagi sobat datang ke sini bersamaan dengan terang bulan.

Demikian ulasan singkat tentang destinasi wisata petualangan di kawah ijen. bagi sobat yang belum mengunjungi tempat ini di harapkan dapat memberi sedikit gambaraan tentang wisata indonesia yang satu ini. dan mungkin wisata ini dapat dijadikan alternatif pilihan sobat semua yang ingin melakukan petualangan di indonesia. semoga bermanfaat.